Senin, 08 November 2010

Mobil Listrik Mengeluarkan Suara Mesin Bensin
Laoporan: Kompas.com
ECTunes

Demo mobil listrik yang mengeluarkan suara searah bila ada orang, pejalan kaki atau pengendara sepeda di jalan raya
Rabu, 8 September 2010 | 12:02 WITA
HORSENS, TRIBUN-TIMUR.COM - Mobil listrik yang tidak mengeluarkan suara (termasuk mobil hibrida ketika hanya menggunakan motor listrik), dinilai sangat berbahaya bagi keselamatan orang lain. Di antaranya, pejalan kaki, pengendara sepeda (cyclist) dan yang lebih mengcemaskan lagi, tuna netra.
Memang sudah ada usul,meminta produsen mobil listrik untuk melengkapi sistem suara. Bahkan sudah produsen mobil membuat melengkapi dengan sistem suara, terakhir Toyota pada Prius, tenyata, masih ada dua kubu berbeda pendapat tentang hal ini.
Pihak yang pro mobil listrik dilengkapi suara – penasehat dari kelompok tuna netra – merasa perlu mobil listrik dilengkapi dengan suara demi keselamatan orang lain. Sedangkan mereka yang kontra – tidak menginginkan kebisingan – suara tersebut hanya buang-buang energi malah membuat polusi baru, suara berisik.
Dua Pihak
Kondisi itulah yang dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan dari Horsens, Denmark, yaitu ECTunes. Perusahaan yang mendapat dukungan dana dari Energi Horsen, - juga dari Denmark - membuat sistem suara yang bisa ditambahkan ke mobil listrik. Hebatnya, bisa memenuhi kedua pihak yang berseberangan.
Caranya, suara yang dibuat oleh ECTunes hanya muncul ketika dibutuhkan, yaitu ketika ada orang yang harus diperingatkan  (diberi tahun) ada mobil listrik yang akan lewat. Dalam hal ini searah  dengan gerakan mobil, baik maju maupun mundur. Sistem bekerja mulai dari kecepatan 8 km/jam. ECTunes menganggap perlu suara inikarena mobil listrik tidak bersuara saat akselerasi.
Demo
Cukup menarik, dari demo yang ditayangkan melalui video perusahaan tersebut (juga ditayangkan di “You Tube”) suara yang muncul dari mobil listrik (digunakan Citroen C-Zero) mirip dengan suara mesin mobil bermesin bensin atau diesel. Jadi bukan suara dari  klason. Suara khusus tersebut dihasilkan oleh speaker yang dirancang khusus oleh perusahaan ECTunes.
dijelaskan pula,  teknologi suara searahnya ini mengirimkan sinyal yang bisa didengar hanya pada arah orang yang didekati kendaraan. Dengan demikian memungkinkan hanya didengar oleh mereka yang searah dengan mobil dan tidak mengganggu yang lainnya.
Dijelaskan pula, konsep ECTunes dibuat berdasarkan peranti lunak simulasi suara unik yang dikembangkan oleh mitranya dari Inggri,  NoViSim Ltd. Beberapa pabrik mobil telah menggunakan peranti lunak simulasi suara ini pada The Brüel & Kjær NVH Vehicle Simulator untuk menentukan suara buat kendaraan mereka.  (*)


http//.tribun-timur.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar